Viral Sunscreen Siswi Disita OSIS, Pentingnya Pemakaian Sunscreen Perlindungan Kulit dari Penuaan Dini dan Risiko Kanker

Zonamalang.com – Dalam cuaca tropis Indonesia yang memiliki paparan sinar UV tinggi sepanjang tahun, pemakaian sunscreen menjadi langkah penting untuk melindungi kulit dari dampak negatif sinar matahari. Dr Ruri D Pamela, SpDVE, FINSDV, menyoroti pentingnya penggunaan sunscreen untuk segala kelompok usia.

“Sinar UVA dan UVB dapat menembus awan, bahkan pada hari mendung. Penggunaan sunscreen setiap hari menjadi langkah pencegahan kesehatan kulit yang sangat penting,” ungkap dr Ruri.

BMKG pun telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan tabir surya dan mengurangi waktu paparan sinar matahari di jam 10:00 ke atas.

Advertisement

Rekomendasi dari dokter kulit asal New York, Amerika Serikat, dr Barney Kenet, menegaskan pentingnya penggunaan sunscreen minimal SPF 30 yang diaplikasikan secara rutin.

Beliau menekankan perlunya pengaplikasian ulang sunscreen untuk memastikan perlindungan optimal terhadap sinar UVB dan UVA.

Studi National Health and Medical Research Council of Australia menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara rutin dapat mengendalikan penuaan pada kulit.

Tidak menggunakan sunscreen pada pagi hingga sore hari dapat meningkatkan risiko kerusakan kolagen dan jaringan ikat kulit, menyebabkan kulit menjadi keriput dan tampak tua.

Advertisement

Selain itu, risiko kulit terbakar atau sunburn juga dapat diminimalkan dengan pemakaian sunscreen yang memadai.

Kulit yang terbakar biasanya ditandai dengan kemerahan dan sensasi perih. Kurangnya proteksi dari sunscreen dapat menyebabkan kulit melepuh dan merusak lapisan epidermis.

Dampak terburuk dari tidak menggunakan sunscreen adalah peningkatan risiko kanker kulit. Menurut Yayasan Kanker Kulit, awan hanya menyaring kurang dari 25 persen sinar UV yang menembus kulit, yang merupakan penyebab potensial kanker kulit.

Seperti yang diketahui, baru-baru ini viral dimedia sosial bahwa ada perampasan skincare berupa sunscreen di SMA Kalimantan Tengah.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami dan menerapkan pemakaian sunscreen sebagai langkah preventif dalam menjaga kesehatan kulit mereka.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait