Google Doodle Hari Ini Memperingati Kapal Pinisi: Sejuta Makna dan Sejarah

Google Doodle Hari Ini Memperingati Kapal Pinisi: Sejuta Makna dan Sejarah

Malang, 7 Desember 2023 – Hari ini, Google Doodle menampilkan gambar kapal Pinisi sebagai tema, memperingati keberagaman budaya maritim Indonesia. Kapal tradisional ini, yang merupakan ciri khas pelaut Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan, telah memainkan peran sentral dalam sejarah maritim Nusantara.

Nenek moyang bangsa Indonesia, sebagai pelaut ulung, telah menjelajahi lautan dan samudra sejak zaman dahulu. Keahlian mereka dalam mengarungi lautan bahkan membawa mereka sampai ke Pulau Madagaskar di benua Afrika. Untuk menghadapi tantangan lautan yang ganas, terciptalah kapal Pinisi, sebuah karya maritim yang melegenda.

Sejarah Kapal Pinisi diperkirakan dimulai pada abad ke-14 Masehi, meskipun beberapa klaim masih diperdebatkan. Catatan dari orang Eropa mencatat bahwa para pelaut Bugis mulai membangun kapal dengan layar besar pada abad tersebut.

Advertisement

Pada tahun 1930-an, kapal ini mengalami perkembangan dengan penambahan layar nade atau gunter. Dekade 1970-an melihat peningkatan lebih lanjut dengan penambahan mesin dan penyesuaian posisi lambung kapal. Seiring berjalannya waktu, bobot kapal meningkat menjadi 300 ton.

Meskipun mengalami transformasi, Pinisi tetap mempertahankan metode pembuatan tradisional hingga zaman modern. Bahkan dengan penggunaan peralatan modern, proses pembuatannya tetap memperhatikan nilai-nilai tradisional.

Kapal Pinisi, yang dulunya menjadi sarana penting bagi para pelaut, kini telah menjadi daya tarik wisata Indonesia. Wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dapat menikmati pengalaman menarik menjelajahi lautan dengan kapal ini.

Google Doodle hari ini mengabadikan keindahan dan makna kapal Pinisi, mengingatkan kita akan kekayaan sejarah dan budaya maritim Indonesia. Sebuah penghormatan untuk kapal yang menjadi bagian integral dari identitas maritim Nusantara.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait