2 Oktober 2023 Berapa Hijriah? Inilah Kalender Islam dan Jawa Terbaru

26 Desember 2023 Berapa Hijriah di Dalam Tanggalan Islam Hari ini? (Pexels/Rolando Brando)

Zonamalang.com – Inilah informasi terbaru tentang 2 Oktober 2023 berapa hijriah? Ketahui paling update kalender jawa dan Islam hari ini.

Kalender jawa 2 Oktober 2023 weton apa? Itu juga menjadi salah satu pertanyaan yang sedang banyak difikirkan oleh masyarakat.

Maka dari itu, beruntung jika Anda masih antusias mengenai 2 Oktober 2023 Berapa Hijriah untuk menambah wawasan atau info terbaru.

Advertisement

Warisan Budaya yang Unik dan Menarik

Kalender Jawa, atau dikenal juga sebagai Penanggalan Jawa, adalah sistem penanggalan yang berasal dari Kesultanan Mataram dan pecahan kerajaannya. Ini adalah contoh nyata kekayaan dan keanekaragaman budaya di Jawa, karena menggabungkan unsur-unsur dari tradisi Islam, Hindu, dan Julian.

Kepercayaan Khas Masyarakat Jawa

Beberapa kepercayaan yang spesifik dalam masyarakat Jawa mencakup:

  • Weton: Sistem penanggalan seminggu yang khas pada tradisi Kalender Jawa
  • Larangan weton: Adanya pantangan beraktivitas pada hari tertentu dalam weton, sebagai bentuk penghormatan kepada tradisi
  • Kepercayaan turun-temurun: Nilai-nilai dan kepercayaan yang diwarisi dari generasi ke generasi membuktikan eksistensi serta ketahanan tradisi Kalender Jawa hingga kini

Bagi mereka yang ingin memperkaya pengetahuan tentang kebudayaan Jawa, belajar menghitung weton Jawa bisa menjadi latihan yang menarik dan bermakna.

Kalender Hijriyah: Warisan Budaya dalam Dunia Islam

Di sisi lain, sistem penanggalan dalam dunia Islam yang populer adalah Kalender Hijriah. Kalender ini mengikuti pergerakan bulan dan terdiri dari 12 bulan lunar, mencakup sekitar 354-355 hari setiap tahunnya. Sebagai perbandingan, Kalender Hijriyah lebih pendek sekitar 11 hari dibandingkan kalender solar seperti Kalender Gregorian.

Advertisement

Hari Senin 2 Oktober 2023 dalam Kalender Jawa dan Islam

Hari Senin 2 Oktober 2023 ini bertepatan dengan 16 Rabi’ul Awal 1445 H dalam hitungan pasaran weton Jawa (Senin Legi).

Bulan dalam Kalender Islam

Sistem penanggalan Islam memulai hitungannya dari tahun 622 Masehi, saat Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya hijrah dari Mekkah ke Madinah. Bulan dalam Kalender Islam diawali saat melihat hilal, dan setiap bulan memiliki 29 atau 30 hari.

Berikut adalah 12 bulan dalam Kalender Islam:

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabi’ al-Awwal
  4. Rabi’ al-Thani
  5. Jumada al-ũla
  6. Jumada al-akhirah
  7. Rajab
  8. Sha’ban
  9. Ramadan
  10. Syawal
  11. Dzulqaidah
  12. Dzulhijjah

Kalender Islam digunakan untuk menentukan tanggal-tanggal penting dalam kehidupan umat Muslim, seperti ibadah haji, puasa Ramadan, dan perayaan Idul Fitri serta Idul Adha.

Dengan demikian, informasi tentang Senin 2 Oktober 2023 dalam kalender Islam atau Jawa sudah terjawab.

Baik Kalender Jawa maupun Kalender Hijriyah merepresentasikan warisan budaya dan tradisi yang kaya dan menarik.

Mempelajari sistem penanggalan ini bukan hanya memberi wawasan mendalam tentang warisan dan adat istiadat, tetapi juga menjadi cara untuk menghargai dan menghormati perbedaan kebudayaan.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait