29 Agustus 2023 Berapa Hijriah? Update Kalender Hijriah Islam Tiap Hari

26 Desember 2023 Berapa Hijriah di Dalam Tanggalan Islam Hari ini? (Pexels/Rolando Brando)

Zonamalang.com – Simak berikut mengenai 29 Agustus 2023 berapa Hijriah 1445 H akan kita bahas di bawah ini secara rinci, jadi jangan sampai terlewatkan.

Mengapa kita harus mengerti tentang tanggal Hijriah dari perspektif kalender Islam? sebab kalender Hijriah tetap menjadi pedoman penting bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk menentukan berbagai peristiwa keagamaan, termasuk hari-hari besar dalam agama Islam.

Untuk tanggal Hijriah hari ini Selasa, 29 Agustus 2023 adalah 12 Shaffar 1445 Hijriah (Jawa= Selasa Pahing). dengan mengetahui kalender Hijriah ini, tentu akan membantu kita untuk terus terhubung dengan tradisi dan budaya agama kita.

Advertisement

Dan tentu saja, informasi ini tidak akan berhenti di sini. Kami akan terus memberikan informasi mengenai tanggal-tanggal Hijriah dalam beberapa hari ke depan, mulai dari tanggal 29 hingga 31 Agustus 2023.

Kalender Islam (Hijriah) Agustus 2023

  • 29 Agustus 2023 – 12 Shaffar 1445 Hijriah – Selasa Pahing
  • 30 Agustus 2023 – 13 Shaffar 1445 Hijriah – Rabu Pon
  • 31 Agustus 2023 – 14 Shaffar 1445 Hijriah – Kamis Wage

Keutamaan Bulan Safar dalam Islam

Bulan Safar adalah salah satu bulan dalam penanggalan Islam yang memiliki beberapa keyakinan dan keutamaan yang berkaitan dengan budaya dan tradisi tertentu.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa keutamaan ini tidak memiliki dasar yang kuat dalam ajaran Islam, dan sebagian besar adalah mitos atau kepercayaan yang tidak memiliki landasan agama yang jelas.

Mitos Tentang Bulan Safar (Sapar) di Masyarakat

  1. Bulan Safar adalah Bulan Malapetaka: Beberapa orang meyakini bahwa bulan Safar adalah bulan yang penuh dengan malapetaka dan kesialan. Ini tidak memiliki dasar dalam ajaran Islam. Islam mengajarkan bahwa takdir seseorang ditentukan oleh Allah, bukan oleh bulan atau waktu tertentu.
  2. Tidak Menikah pada Bulan Safar: Ada kepercayaan bahwa menikah pada bulan Safar akan membawa sial dan ketidakberuntungan dalam pernikahan. Ini juga merupakan kepercayaan yang tidak memiliki dasar dalam Islam. Menikah adalah tindakan yang diizinkan dan diberkati dalam Islam, dan waktu pernikahan tidak memengaruhi keberuntungan.
  3. Meningkatnya Penyakit pada Bulan Safar: Beberapa orang meyakini bahwa penyakit lebih sering terjadi pada bulan Safar. Ini juga merupakan mitos dan tidak didukung oleh bukti medis atau ajaran Islam.
  4. Melarang Perjalanan pada Bulan Safar: Beberapa orang percaya bahwa perjalanan jauh atau memulai proyek besar sebaiknya dihindari selama bulan Safar. Ini adalah kepercayaan yang tidak memiliki dasar dalam Islam. Islam mengajarkan bahwa tindakan baik atau buruk tidak tergantung pada bulan tertentu.

Penting untuk diingat bahwa dalam Islam, keyakinan dan amalan harus didasarkan pada ajaran yang sahih dari Al-Quran dan Hadis.

Advertisement

Mitos dan kepercayaan yang tidak memiliki dasar agama sebaiknya dihindari.

Keutamaan dalam Islam lebih fokus pada ketaatan kepada Allah, kebaikan, dan niat yang baik daripada pada waktu atau bulan tertentu.

Semoga informasi ini membantu kita semua dalam menjalani ibadah dan mengerjakan di peristiwa keagamaan dengan penuh kesadaran. Selamat menunaikan ibadah dan merayakan momen-momen mulia dalam Islam.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait