7 Januari 2024 dalam Kalender Hijriah 2024 Hari Ini Apa?

12 Januari 2024 Berapa Hijriah dalam Tanggalan Islam?

Zonamalang.com 7 Januari 2024 Hari Minggu, 7 Januari 2024, memiliki arti penting bagi umat Islam yang ingin mengetahui tanggal Hijriah dan weton Sabtu. Dalam konteks ini, Kementerian Agama (Kemenag) merilis Kalender Hijriah 2024 yang memberikan informasi lengkap tentang tanggalan Hijriah dan pasaran weton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Kemenag, Minggu, 7 Januari 2024, bersesuaian dengan tanggal 25 Jumadil Akhir 1445 H dalam kalender Hijriah. Sementara itu, weton Sabtu pada tanggal tersebut adalah Pon malam Senin Wage.

Kemenag melihat pentingnya memberikan akses informasi yang akurat dan lengkap kepada umat Islam, terutama dalam merencanakan kegiatan dan ibadah mereka. Dengan merilis kalender ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah memahami tanggal-tanggal penting dalam kalender Masehi dan Hijriah.

Advertisement

Juru bicara Kemenag menyatakan, “Kami merilis kalender ini untuk membantu umat Islam merencanakan kegiatan dan merayakan hari-hari penting dalam agama mereka. Kami memahami pentingnya memiliki referensi kalender Islam, dan inilah mengapa Kemenag merilis kalender ini.”

Selain itu, bulan Januari 2024 memiliki momen penting yaitu awal Bulan Rajab (Bulan Mulia) yang dimulai pada tanggal 13 Januari 2024. Bulan ini memiliki keutamaan tersendiri, sebagaimana dijelaskan dalam buku “Doa & Amalan di Bulan Rajab, Sya’ban & Ramadhan” oleh Tim Zahra (2007).

7 Januari 2024 Berapa Hijriah?

Minggu 7 Januari 2024 bertepatan dengan 25 Jumadil Akhir 1445 H atau pasaran weton Minggu Pon malam Senin Wage

Dengan adanya kalender ini, Kemenag memberikan kontribusi positif untuk memudahkan umat Islam dalam melaksanakan ibadah-ibadahnya serta merencanakan kegiatan sehari-hari mereka. Kalender ini diharapkan menjadi panduan yang berguna bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait