8 September 2023 Berapa Hijriah Hari Ini? Cek Kalender Islam Terupdate

1 Maret 2024 Berapa Hijriah Dalam Kalender Islam? Kalender Hijriah Terlengkap Maret 2024 (Foto: Pexels/saâd jebbour)

Zonamalang.com – Berikut info terbaru tentang tanggal 8 September 2023 berapa Hijriah? lengkap kalender Islam serta hitungan jawa.

Saat ini, kalender menjadi paling penting dalam menandai peristiwa apapun, apalagi dalam agama Islam, kalender Hijriah merupakan patokan untuk melaksanakan berbagai macam ibadah.

Pada hari Jum’at 8 September 2023 Berapa Hijriah? ini juga perlu diketahui agar memudahkan umat Muslim menjalankan ibadah.

Advertisement

Misalkan seperti puasa Ayyamul Bidh, Puasa Ramadhan, mengetahui kapan waktu masuk bulan baru dan sebagainya.

Hari Jum’at tanggal 8 September 2023 dalam Hijriah hari ini adalah tanggal 22 Shaffar 1445 Hijriah (Jumat Pahing= Jawa).

Setelah bulan Shaffar ada bulan yang mulai, yakni bulan Maulid atau Rabi’ul Awwal dimana dalam bulan ini dilahirkan makhluk paling mulia yakni Nabi Muhammad SAW.

Kalender Hijriah September 2023 Lengkap

Berikut adalah tabel yang berisi data tanggal dalam kalender Hijriah dan penanggalan Jawa untuk bulan September 2023:

Advertisement

Mitos Bulan Shaffar

Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa Bulan Safar adalah Bulan Malapetaka. Meskipun begitu, dalam Islam, takdir seseorang ditentukan oleh Allah, bukan oleh bulan atau waktu tertentu.

Begitu juga dengan keyakinan bahwa menikah pada Bulan Safar membawa sial. Ini adalah pandangan yang tidak didukung oleh ajaran Islam yang mengizinkan dan memberkati pernikahan pada semua waktu.

Ada juga kepercayaan bahwa penyakit lebih sering terjadi pada Bulan Safar.

Ini hanyalah mitos dan tidak didukung oleh bukti medis atau ajaran agama. Selain itu, kepercayaan untuk menghindari perjalanan atau proyek besar pada bulan ini juga tidak memiliki dasar dalam Islam.

Islam mengajarkan bahwa tindakan baik atau buruk tidak tergantung pada bulan tertentu.

Dalam Islam, keyakinan dan amalan seharusnya didasarkan pada ajaran yang sahih dari Al-Quran dan Hadis.

Keutamaan dalam Islam lebih terfokus pada ketaatan kepada Allah, kebaikan, dan niat yang baik daripada pada waktu atau bulan tertentu.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait