Catat! 12 Rabiul Awal 2023 atau Maulid Nabi Jatuh Tanggal Berapa dan Hari Apa Sih?

Catat! 12 Rabiul Awal 2023 atau Maulid Nabi Jatuh Tanggal Berapa dan Hari Apa Sih? (unsplash/Ayse Bek)

Zonamalang.com -Pada tanggal 12 Rabiul Awal diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, di tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah, equivalent dengan tahun 571 Masehi.

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Islam atau Hijriah. Pada tahun ini, Rabiul Awal dimulai pada hari Sabtu, 16 September 2023 dan 12 Rabiul Awal 1445 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023.

Perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW juga dikenal sebagai Maulid Nabi dan Pemerintah telah menetapkan hari ini sebagai hari libur nasional. Oleh karena itu, Kamis dalam minggu ini ditetapkan sebagai hari libur.

Advertisement

Rabiul Awal juga dikenal sebagai bulan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Bahasa Arab Rabiul Awal dibagi menjadi dua kata, “Rabbi” yang berarti musim semi dan “Al Awwal” yang artinya pertama. Oleh karena itu, Rabiul Awal dilambangkan sebagai Musim Semi Pertama.

Meski peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan secara luas di seluruh dunia pada 12 Rabiul Awal, terdapat perdebatan di kalangan sejarawan mengenai tanggal yang tepat kelahirannya.

Berikut adalah beberapa pendapat:

  • Ibnu Abdil Barr menyebut Nabi lahir pada 2 Rabiul Awal
  • Amiruddin mengemukakan tanggal 5 Rabiul Awal
  • Ibnul Qayyim, Ibnu Hazm, Az-Zuhri, dan Ibnu Dihya menyebutkan tanggal 8 Rabiul Awal
  • Muhammad Sulaiman Mansurfuri, Mubarakhfuri, Shibli Numani, Mahmud Pasha Falaki, Akbar Shah Najeeb Abadi, Muinuddin Ahmed Nadvi, dan Abul Kalam Azad menyebutkan tanggal 9 Rabiul Awal
  • Abdul Qadir Jailani menyebut Nabi Muhammad SAW lahir 10 Rabiul Awal
  • Thabari, Ibnu Khaldun, Hamidullah, Ibnu Hisyam, dan beberapa ahli lainnya mengusulkan tanggal 12 Rabiul Awal
  • Mayoritas pendapat menunjukkan tanggal 13 Rabiul Awal atau sekitar tanggal 30 atau 31 Maret 571 Masehi
  • Golongan Syi’ah menyerukan tanggal 17 Rabiul Awal
  • Pendapat yang diatribusikan kepada Ibnu Hazm menyebut tanggal 22 Rabiul Awal

Libur Nasional Maulid Nabi

Pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri mengenai penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023, termasuk Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 28 September 2023.

Advertisement

Surat tersebut ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Demokrasi.

Akan tetapi, pemerintah tidak menetapkan tanggal 29 September 2023 sebagai hari cuti bersama Maulid Nabi. Dengan demikian, libur nasional atas peringatan Maulid Nabi hanya berlaku pada 28 September 2023.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait