Doa-doa Saat Hujan Deras, Memohon Berkah dan Perlindungan dari Allah

Doa-doa Saat Hujan Deras, Memohon Berkah dan Perlindungan dari Allah

Zonamalang.com – Berikut adalah kumpulan bacaan doa yang dapat diamalkan oleh umat Muslim saat turun hujan deras, sebagai wujud syukur atas berkah hujan dan sebagai upaya memohon perlindungan dari Allah agar terhindar dari bencana dan musibah.

Hujan meruapakan Rahmat Allah SWT yang diturunkan ke Bumi, dengan curahan air hujan makan makhluk-makhluk hidup di bumi dapat berkembang.

Namun, terkadang hujan bisa membawa bencana, hal itu merupakan ujian dari Allah dan peringatan untuk hamba-Nya agar selalu bertaubat dan memohon kepada Allah SWT

Advertisement

Doa Ketika Hujan:

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an’

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa Saat Turun Hujan Deras:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الأَكَامِ وَالظِرَابِ وَبُطُوْنِ الأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Advertisement

Allaahumma hawaa lainaa wa laa ‘alainaa, Allaahumma ‘alal-aakaami wazh-zhiroobi, wa buthuunil-awdiyati wa manaabitisy-syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan ini di sekitar kami, jangan kepada rumah-rumah kami. Ya Allah, berilah hujan ini pada daratan-dataran tinggi, bukit-bukit, dasar lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa Mohon Perlindungan Terhindar dari Bencana:

اللهمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Artinya: “Ya Allah! Aku berlindung kepadaMu dari bencana yang sangat berat, kesengsaraan dan segala faktor penyebabnya, hal-hal yang tidak disukai, serta kebahagiaan musuh atas musibah yang menimpa diriku.”

Melalui doa-doa ini, umat Muslim dapat mengungkapkan rasa syukur dan memohon perlindungan dari Allah saat hujan deras turun. Semoga hujan yang turun membawa berkah dan kebaikan, serta dijauhkan dari segala bencana.

Bacaan doa ini dapat diamalkan sebagai bentuk ketaatan dan penghormatan kepada Allah dalam segala kondisi.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait