Peringatan Malam Isra Miraj, Amalan dan Doa Spesial untuk Umat Islam di Malam 27 Rajab

19 Januari 2024 Berapa Hijriah? Jangan Lewatkan Doa Amalan Rajab dan Jumat Weton apa Hari ini? (Unsplash/Imad Alassiry)

Zonamalang.com – Tidak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia akan memperingati peristiwa Isra Miraj yang jatuh pada tanggal 27 Rajab 1445 H, atau tepatnya pada Kamis, 8 Februari 2024.

Malam sebelumnya, pada tanggal 27 Rajab yang bertepatan dengan Rabu, 7 Februari 2024, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan membaca doa sebagai bentuk penghormatan dan ibadah kepada Allah SWT.

Amalan Malam 27 Rajab:

Advertisement
  1. Perbanyak Zikir:
    Zikir merupakan amalan penting dalam Islam. Salah satu zikir yang dianjurkan selama Bulan Rajab adalah “La haula walaa quwwata illa billah”, yang artinya “Tidak ada daya [dalam menjauhi maksiat] dan tidak ada upaya [menjalankan ketaatan] melainkan dengan pertolongan Allah”.
  2. Sedekah:
    Dianjurkan untuk memperbanyak sedekah sebagai bentuk kebaikan dan amal saleh. Rasulullah SAW bersabda bahwa memberikan sedekah kepada sesama muslim di bulan Rajab akan mendapatkan balasan istana di surga firdaus.
  3. Salat Malam:
    Selain puasa sunnah, dianjurkan juga untuk bangun malam dan melaksanakan salat malam. Amalan ini dilakukan secara rutin oleh Sayyidina Ali, terutama pada malam pertama Bulan Rajab.
  4. Doa Isra Mi’raj:
    Pada malam Isra Mi’raj, doa memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu doa yang sangat dianjurkan adalah doa yang disebutkan dalam kitab karya Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Halabi al-Qadiri.

Bacaan Doa Malam 27 Rajab:

“اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ”

Allāhumma innī as’aluka bi musyāhadati asrāril muhibbīn, wa bil khalwatil latī khashshashta bihā sayyidal mursalīn hīna asraita bihī lailatas sābi’i wal ‘isyrīn an tarhama qalbiyal hazīna wa tujība da‘watī yā akramal akramīn

Tata Cara Amalan:

  • Melaksanakan shalat sunnah dua rakaat, dengan membaca surat Al-Ikhlas setelah surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua.
  • Setelah shalat, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 10 kali.
  • Membaca doa Isra Mi’raj, sambil menyebutkan segala hajat dan kebutuhan kepada Allah SWT.

Amalan ini memiliki keistimewaan bahwa doa ini dapat mengabulkan segala hajat, melapangkan urusan, dan menghidupkan hati yang sudah mulai mati.

Semoga dengan menjalankan amalan dan membaca doa pada malam 27 Rajab, kita semua meraih berkah dan keberkahan dari peristiwa Isra Miraj serta mendapatkan kemudahan dalam menjalankan ibadah.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait