Area Paralayang “Balayang Point” di Batu Diresmikan Ketua Umum FASI Jawa Timur

Area Paralayang “Balayang Point” di Batu Diresmikan Ketua Umum FASI Jawa Timur (foto/Prokopim KWB)

Zonamalang.com – BATU, Jalan Lingkar Barat (Jalibar) yang terletak di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, kini berubah menjadi suatu tempat menarik untuk wisata di bidang Dirgantara, yakni paralayang. Lokasi yang dinamai sebagai Balayang Point ini merupakan gagasan dari Korem 083 Baladhika Jaya.

Ketua Umum FASI Jawa Timur, Marsekal Pertama TNI Fairlyanto, turut serta dalam acara penandatanganan Prasasti Balayang Point di Rest Area Jalibar, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada hari Rabu (16/8/2023).

Bersama dengan beliau, Danrem 083 Baladhika Jaya, yaitu Brigjen TNI M. Imam Gogor A.A, ADM Perhutani KPH Malang, yaitu Ir. Loesty Triana, dan Pj. Wali Kota Batu, yaitu Aries Agung Paewai SSTP MM, juga turut hadir. Dalam kesempatan yang berharga ini, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia Jawa Timur (FASIDA Jatim), yang juga merupakan Danlanud Abd. Saleh, memberikan penghargaan Wings Kehormatan FASI kepada Aries Agung Paewai.

Advertisement

“Penghargaan Wings Kehormatan FASI diberikan sebagai pengakuan atas dedikasi serta dukungan Pemerintah Kota Batu dalam mendorong perkembangan olahraga paralayang dan menghasilkan atlet-atlet nasional yang menjadi kebanggaan bangsa,” ujarnya dengan semangat.

Aries, dalam pidatonya, juga mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap upaya Danrem 083 Baladhika Jaya yang peduli terhadap perkembangan olahraga kedirgantaraan, terutama berkaitan dengan Balayang Point.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Batu ini memberi penghargaan atas kerja sama yang baik antara Pemkot Batu, FASI Jatim, Perum Perhutani KPH Malang, dan juga Bumdes Oro-oro Ombo. Aries berharap agar di masa depan kawasan ini dapat diatur dengan baik, sehingga potensi wisatanya dapat terbagi di berbagai titik.

“Desa Wisata Oro-oro Ombo pastinya akan mengalami kemajuan yang signifikan, dan tidak hanya terfokus pada satu kawasan saja. Semoga kebaikan ini dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita semua,” tambah Aries dengan penuh harapan.

Advertisement

Sementara itu, Danrem 083 Baladhika Jaya, yakni Brigjen TNI M. Imam Gogor A.A, mengaku sangat mendukung kehadiran Balayang Point sebagai tempat baru untuk lepas landas dan mendarat dalam kegiatan paralayang di Kota Batu. Ia mengungkapkan bahwa ia telah mencoba spot ini saat pertandingan Balayang Cup beberapa pekan yang lalu. Ia pun pernah melakukan lepas landas dari lereng Arjuna dan mendarat di Jalibar, pada hari Minggu (21/5/2023) yang lalu.

“Kami sungguh mendukung adanya tempat baru untuk lepas landas dan mendarat dalam kegiatan paralayang di Jalibar, Kota Batu. Karena tempat ini (Jalibar, red.) memiliki potensi yang sangat besar sebagai tempat berolahraga paralayang,” tutupnya

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait