Pambudi Sunarsihanto Ajak Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang Menjadi Pilot Karir Mereka Sendiri

Pambudi Sunarsihanto Ajak Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang Menjadi Pilot Karir Mereka Sendiri (UMM)

Zonamalang.com – Lebih dari 6.000 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapatkan pemahaman khusus tentang merintis karir dari Pambudi Sunarsihanto, MBA., M.Sc — Director Human Capital Kapal Api Group. Melalui kuliah tamu bertajuk “You Are The Pilot of Your Career”, pada 19 September lalu, Pambudi mengajak mahasiswa untuk menjadi pilot dalam karirnya sendiri.

Pambudi membuka kuliah tamu tersebut dengan mengutip kata-kata dari Michelangelo, “Ancaman terbesar bagi keberhasilan hidup kita bukan berasal dari menggantungkan cita-cita setinggi langit hingga tak mampu mencapainya secara penuh. Namun berasal dari patokan cita-cita terlalu datar hingga mudah mencapainya.” Pesan itu berarti bahwa harapan tinggi bukanlah hambatan terbesar, namun justru yang datar dan mudah dicapai.

Pambudi juga membagikan tips tentang bagaimana menyiapkan diri untuk menghadapi zaman yang sangat dinamis. Setiap individu, menurutnya, harus memiliki keunikan atau diferensiasi dari orang lain. Ini sangat penting, mengingat saat ini jumlah lulusan sarjana di Indonesia sangat banyak, tapi kualitasnya masih biasa-biasa saja.

Advertisement

“Setiap orang harus memiliki differentiator, baik dari segi skill, kemampuan berbahasa, prestasi, serta pengalaman yang telah dijalani. Itu semua menjadi modal yang harus dimiliki oleh anak muda. Jangan pernah meremehkan upaya meningkatkan kualitas diri,” tegas Pambudi.

Halaman: 1 2
Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait