Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Hanik Andriani Tinjau dan Berikan Imunisasi Polio di Sub Pekan Imunisasi Nasional

Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Hanik Andriani Tinjau dan Berikan Imunisasi Polio di Sub Pekan Imunisasi Nasional

Malang, 17 Januari 2024 – Penjabat (Pj.) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat, melakukan tinjauan langsung terhadap pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di beberapa pos imunisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai RW 5 Kelurahan Rampal Celaket Kecamatan Klojen, Kota Malang, pada Rabu (17/1/2024).

Selain memantau, Hanik juga aktif berpartisipasi dengan memberikan imunisasi polio secara langsung kepada salah satu anak. Meneteskan vaksin nOPV2, Hanik berharap dapat mencapai target capaian Sub PIN Polio yang ditetapkan pemerintah provinsi sebesar 95 persen.

Hanik mengungkapkan optimisme terhadap antusiasme masyarakat dan upaya stakeholder untuk mendorong partisipasi dalam Sub PIN Polio.

Advertisement

“Saya yakin target ini dapat tercapai melihat antusiasme yang baik dari masyarakat. Meski ada sebagian kecil yang memiliki pandangan berbeda, kerja sama lintas sektor, termasuk dengan MUI, sangat penting untuk edukasi masyarakat,” ungkapnya.

Dengan slogan “Iso Gak Iso 95 (Songo Limo) Ker,” Hanik mendorong adanya inovasi dari layanan kesehatan seperti puskesmas atau posyandu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. “Kepala puskesmas diharapkan memiliki inovasi, seperti kunjungan rumah, guna menyukseskan vaksinasi ini. Anak yang divaksin akan lebih sehat dan terlindungi,” tambahnya.

Sebagai Pj. Ketua TP PKK Kota Malang, Hanik menekankan peran PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Tak hanya untuk Sub PIN Polio, tetapi juga untuk kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif, MM, menyampaikan bahwa target imunisasi tambahan polio di Kota Malang adalah 93.187 anak. Sub PIN Polio telah dilaksanakan sejak 15 Januari 2024, melibatkan 300 titik dengan jumlah anak antara 30 hingga 45 di setiap titiknya. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 21 Januari untuk putaran pertama.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait