Pj. Wali Kota Malang Lakukan Peninjauan Lapangan untuk Atasi Kemacetan Jelang Nataru

Pj. Wali Kota Malang Lakukan Peninjauan Lapangan untuk Atasi Kemacetan Jelang Nataru (Humas Pemkot Malang)

Malang, 7 Desember 2023 – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, bersama jajaran Polresta Malang Kota dan Pemerintah Kota Malang, melakukan peninjauan lapangan terkait rekayasa lalu lintas, titik parkir, dan pembangunan taman dan median jalan di kawasan Kayutangan dan Jalan Semeru. Peninjauan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Kajian Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Kota Malang dengan Forum Lalu Lintas da Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Malang.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah pembongkaran median jalan di persimpangan PLN dan Rajabali. Wahyu menyampaikan bahwa tindakan ini bertujuan untuk memberikan ruang pergerakan kendaraan, terutama untuk ambulance dan damkar. Meskipun median pemisah akan diurangi, bundaran taman tetap akan dipertahankan.

“Wahyu menjelaskan, ‘Jadi kita akan mengurangi median yang ada di depan PLN agar bisa ada ruang pergerakan kendaraan, terutama pergerakan kendaraan yang memang tidak boleh terhambat seperti ambulance dan damkar. Untuk jam dengan pagar aman tidak kita utak-atik sama sekali. Kita hanya mengurangi dari taman yang ada, agar ada ruang pergerakan.

Advertisement

Di Kayutangan juga kami kurangi, mediannya ada di tengah. Nanti antara utara dan selatan tidak terputus. Nanti akan ditutup dengan median sementara,'” ungkap Wahyu.

Selain itu, peninjauan juga mencakup taman di perempatan Rajabali, dimana median jalan juga akan dibongkar. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dan mempermudah manuver kendaraan di area tersebut.

Untuk mengatasi kemacetan yang disebabkan tingginya volume lalu lintas, terutama dari Jalan Basuki Rahmat menuju Jalan Semeru, Wahyu meminta pengaturan sejumlah titik parkir di area Jalan Semeru. Larangan parkir atau berhenti di sebelah kanan jalan di utara diterapkan untuk memperlancar arus ke Jalan Bromo dan Ijen, sementara tempat parkir di sebelah kiri atau selatan akan tetap diperbolehkan dengan batasan tempat yang terbatas.

Terakhir, Wahyu menegaskan urgensi tindakan cepat terkait rekayasa lalu lintas ini menjelang Natal dan Tahun Baru. Ia berharap agar penertiban parkir di sekitar area Jalan Semeru dapat segera dilakukan dan diharapkan hasilnya dapat diimplementasikan minggu depan.

Advertisement

Dalam peninjauan ini, Wahyu didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman, serta jajaran perangkat daerah terkait.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait