Pj. Wali Kota Malang Resmikan Gedung Depot Arsip, Ajak Perangkat Daerah Manfaatkan secara Maksimal

Malang, Zonamalang.com – Pj. Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM., meresmikan Gedung Depot Arsip Kota Malang di area Islamic Center pada Rabu (27/12/2023).

Dalam acara tersebut, Wahyu mendorong pemanfaatan maksimal Gedung Depot Arsip Kota Malang, yang didesain khusus sebagai ruang penyimpanan arsip dengan struktur untuk perlindungan, pemeliharaan, dan perawatan yang optimal.

Wahyu menegaskan bahwa Depot Arsip merupakan kewajiban Dinas Perspustakaan dan Arsip Daerah, menjadikannya tempat yang penting untuk menyimpan arsip dinamis dan statis.

Advertisement

Dia juga mengajak seluruh Perangkat Daerah untuk mempercayakan penyimpanan dan pengelolaan arsip mereka ke Depot Arsip Kota Malang.

Pj. Wali Kota Malang Resmikan Gedung Depot Arsip, Ajak Perangkat Daerah Manfaatkan secara Maksimal
Peresmian gedung depot Arsip

Ini diharapkan tidak hanya menjaga keamanan dan kerahasiaan arsip, tetapi juga dapat menghemat ruang penyimpanan di kantor-kantor perangkat daerah.

Pj. Wali Kota Malang memuji pengelolaan arsip yang baik di Depot Arsip, dengan Dinas Perspustakaan dan Arsip Daerah memiliki Arsiparis yang bertugas untuk mengelola dan menyimpan arsip sesuai ketentuan.

Wahyu menjelaskan bahwa adanya SOP dan teknik tertentu memastikan keamanan, kerahasiaan, dan ketersediaan arsip dengan mudah jika diperlukan.

Advertisement

Wahyu juga menekankan bahwa Depot Arsip Kota Malang memiliki ketentuan terkait akses publik terhadap arsip.

Ini mencakup pembagian antara arsip yang boleh diakses oleh publik dan yang dikecualikan, menegaskan pentingnya pengelolaan arsip yang transparan dan sesuai dengan regulasi.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait