PPDB SMP Jalur Zonasi Kota Malang Telah Dibuka, Awas Salah Titik Koordinat Alamat Rumah, Bisa Gagal!

PPDB SMP Jalur Zonasi Kota Malang Telah Dibuka (Unsplash: Ed Us)

Zonamalang.com – Kabar baik bagi calon siswa SMP yang ada di Kota Malang, (PPDB) Pendaftaran penerimaan peserta didik baru jalur zonasi telah dibuka pada Senin 12 Juni 2023. Untuk itu, dihimbau bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) agar teliti dan cermat, agar tidak terjadi kesalahan saat proses pendaftaran berlangsung.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang menghimbau bagi calon peserta didik untuk benar-benar teliti, hal ini agar pihaknya tidak disalahkan ketika ada kegagalan.

”jadi, nanti jangan sampai terdapat hal-hal yang tidak teliti, akhirnya nanti kami yang disalahkan,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Malang Dodik Teguh Pribadi dikutip Zonamalang.com dari radarmalang.com

Advertisement

Dodik menjelaskan, terdapat masalah yang umum terjadi, yakni perihal penentuan titik koordinat alamat rumah. Makanya, saat pengisian alamat rumah harus dipastikan sesuai KK (Kartu Keluarga) dan jangan jangan sampai salah menentukan titik koordinat dimana hal ini akan berimbas pada gagalnya masuk SMP negeri pilihan.

Tidak hanya demikian, Dodik juga berharap masyarakat juga pandai melihat peluang, supaya tidak memaksa untuk mendaftar di sekolah yang banyak diminati.

”Meski sekarang tidak ada sekolah favorit, tapi masih ada sekolah-sekolah yang banyak peminatnya. Sehingga peluang diterima sebaiknya menjadi pertimbangan penting bagi CPDB,” katanya.

Masyarakat diharapkan juga agar lebih sabar mengikuti proses PPDB tahun ini. Karena, jika nanti tidak diterima, pihaknya meminta untuk legawa, itu dikarenakan tidak semua lulusan SD bisa terserap ke SMP negeri.

Advertisement

Terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Kota Malang Mutmainah Amini mengatakan, CPDB telah dibuka pendaftaran di hari pertama kemarin. Tetapi, pihaknya masih belum memastikan jumlahnya.

Pendaftaran online PPDB 2023 Kota Malang: portal online PPDB bakal dibuka 24 jam selama tiga hari proses pendaftaran. Yakni 12-14 Juni 2023 nanti.

Amini mengatakan, keramaian juga tidak begitu tampak di SMP-SMP Negeri. Maka dari itu, Disdikbud Kota Malang sudah mengimbau agar proses pendaftaran bisa dibantu oleh SD asal masing-masing.

“Walaupun begitu, masih terdapat satu dua yang datang ke kami untuk meminta bantuan mendaftar,” kata perempuan yang juga kepala SMPN 3 Malang itu.

Dia menjelaskan, sejauh ini proses pendaftaran berjalan lancar tanpa kendala. Kuota jalur zonasi tersebut sekitar 30 persen dari pagu di masing-masing sekolah. Sebab, empat jalur yang dibuka sebelumnya sudah penuh. Misalnya jalur afirmasi, mutasi, prestasi lomba, dan prestasi rapor.

Kuota di SMPN untuk jalur zonasi hanya tersisa 135 kursi. Total pagu SMPN 3 Malang tahun ini sebanyak 270 kuota. Selama ini, lanjutnya, permasalahan yang terjadi pada PPDB cenderung klasik. Yakni penentuan koordinat alamat rumah dengan jarak ke sekolah. “Makanya kami selalu mengimbau agar orang cermat dalam hal ini,” tuturnya.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait