Prestasi Gemilang Polresta Malang Kota Ungkap 1.086 Kasus Kejahatan di Tahun 2023

Polresta Malang Kota meraih prestasi luar biasa dengan berhasil mengungkap 1.086 kasus kejahatan sepanjang tahun 2023. (Dok. Humas Polres Malang)

Malang, 30 Desember 2023 – Polresta Malang Kota meraih prestasi luar biasa dengan berhasil mengungkap 1.086 kasus kejahatan sepanjang tahun 2023. Angka ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam press release akhir tahun yang dipimpin oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, disebutkan bahwa kenaikan jumlah kasus kriminalitas terjadi seiring dengan pulihnya aktivitas masyarakat pasca pandemi Covid-19. Ekonomi masyarakat yang bangkit menjadi salah satu faktor penyumbang peningkatan tersebut.

Dari total 1.334 laporan polisi yang masuk sepanjang tahun, Polresta Malang Kota berhasil mengungkap 81.4% kasus, menunjukkan efektivitas penanganan kejahatan oleh aparat kepolisian setempat.

Advertisement

Kasus Menonjol dan Penanganannya

Selama tahun 2023, Polresta Malang Kota juga berhasil menangani beberapa kasus yang mencuat ke publik. Kasus penganiayaan dan penelantaran anak di bawah umur, penganiayaan dan pembunuhan, kekerasan (pengroyokan), serta perdagangan bayi atau TPPO menjadi fokus utama.

Satreskrim Polresta Malang Kota telah mengamankan 50 tersangka, termasuk 4 orang perempuan, dalam berbagai kasus. Kasus narkoba mencapai 220 perkara, dengan penangkapan 249 tersangka dan barang bukti berupa Sabu seberat 3,087 Kg, Ganja 48,06 Kg, Ekstasi (XTC) 116 butir, dan Pil double L (Pil Koplo) sebanyak 100.892 butir.

Kecelakaan Lalu-Lintas dan Tindakan Penindakan

Terungkap sebanyak 435 kasus kecelakaan lalu-lintas, dengan 59 orang meninggal dunia, satu luka berat, dan 567 luka ringan. Sat Samapta Polresta Malang Kota juga aktif dalam menindak 73 kasus, termasuk kasus mabuk, peredaran minuman keras (miras), dan masalah parkir.

Apresiasi dan Komitmen Kepada Masyarakat

Kapolresta Malang Kota, Kombes Buher, mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota jajaran, Pemkot Malang, jajaran TNI di Malang Raya, serta relawan dan komunitas masyarakat yang turut berkontribusi.

Advertisement

Ia juga menyampaikan komitmennya untuk menjaga kondusifitas Malang Raya dan melaksanakan patroli bersama tim gabungan Ops Lilin Semeru 2023.

Menyambut pergantian tahun, Polresta Malang Kota akan melakukan patroli skala besar. Koordinasi dengan rumah sakit juga sudah dilakukan untuk menyiapkan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan tenaga medis, mengantisipasi kemungkinan terluka akibat kecelakaan atau kembang api.

Dengan pencapaian yang gemilang ini, Polresta Malang Kota terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, serta melibatkan masyarakat dalam menjaga lingkungan yang aman dan nyaman.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Topik:
Berita Terkait