SIM Keliling dan Samsat Keliling di Malang Hari ini 20 Oktober 2023 Dimana?

SIM Keliling dan Samsat Keliling di Malang Hari ini 20 Oktober 2023 Dimana? (Instagram/tmcpoldametro)

Zonamalang.com – Simak jadwal SIM dan SAMSAT Keliling di Kota Malang hari ini Jum’at 20 Oktober 2023 berikut ini.

Jadwal SIM (Surat Izin Mengemdi) Keliling di Kota Malang pada hari Jumat ini akan kamu temukan dibawah.

Pelayanan yang diberikan Kepolisian dalam mengurus SIM seperti pembayaran atau perpanjangan sangat dinantikan masyarakat.

Advertisement

Hal itu sangat memudahkan bagi masyarakat yang ingin mengurus SIM dengan mudah, praktis dan cepat.

Mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi) di Indonesia adalah langkah penting untuk bisa berkendara dengan sah. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses pengurusan SIM:

  1. Pengumpulan Dokumen: Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan fotokopinya, fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan sehat dari dokter.
  2. Pendaftaran Online: Banyak kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di Indonesia kini telah mendukung pendaftaran SIM secara online. Ini dapat memudahkan Anda dalam menghindari antrean panjang. Cek situs web resmi SAMSAT daerah Anda untuk info lebih lanjut.
  3. Pembayaran Biaya: Pastikan Anda mengetahui biaya yang diperlukan untuk pengurusan SIM dan bawa uang tunai yang cukup. Periksa apakah ada biaya tambahan yang perlu Anda bayar, seperti biaya pelat nomor atau biaya administrasi.
  4. Tes Kesehatan: Pemeriksaan kesehatan biasanya merupakan bagian dari proses pengurusan SIM. Pastikan Anda dalam keadaan sehat pada hari pengurusan SIM, dan bawa surat keterangan sehat dari dokter jika diperlukan.
  5. Tes Praktik: Untuk SIM jenis tertentu, Anda mungkin harus menjalani tes praktik mengemudi. Pastikan Anda telah mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk tes ini dan telah berlatih dengan baik.
  6. Mengikuti Ujian Teori: Anda akan diuji dalam pengetahuan mengemudi yang mencakup peraturan lalu lintas dan tanda-tanda lalu lintas. Pastikan Anda memahami materi ini dengan baik sebelum mengikuti ujian.
  7. Periksa Jadwal: Pastikan Anda mengecek jadwal pelayanan SIM di kantor SAMSAT setempat. Bawa dokumen dan persyaratan yang diperlukan sesuai jadwal yang ditentukan.
  8. Antrean: Siapkan diri untuk menghadapi antrean yang mungkin cukup panjang, terutama jika Anda datang tanpa melakukan pendaftaran online. Pastikan Anda membawa camilan dan minuman untuk menghindari rasa lapar dan dahaga.
  9. Pantau Status Permohonan: Setelah mengurus SIM, pastikan Anda memantau status permohonan Anda. Biasanya, SIM akan siap dalam beberapa hari kerja, dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika bisa mengambilnya.
  10. Jaga SIM Dengan Baik: Setelah Anda menerima SIM, pastikan Anda selalu membawanya saat mengemudi. Jaga SIM Anda dengan baik dan hindari kerusakan atau kehilangan.

Mengurus SIM di Indonesia bisa menjadi proses yang cukup rumit, tetapi dengan persiapan yang baik dan pemahaman tentang persyaratan yang diperlukan, Anda dapat melalui proses ini dengan lebih lancar. Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan peraturan SIM untuk menjaga keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

Jadwal SIM Keliling dan Samsat Keliling di Malang Hari ini 20 Oktober 2023

Untuk jadwal SIM di Kota Malang hari Jum’at 20 Oktober 2023 adalah bertempat di Parkiran Stadion Gajayana, dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Advertisement

Persyaratan Urus SIM Keliling di Kota Malang

  • Fotokopi KTP 3x
  • Fotokopi SIM 3x
  • Surat Psikologi
  • Surat Keterangan Sehat
  • Masa berlaku H-2
  • Khusus SIM dan KTP Kota Malang

Nah, itu dia update jadwal SIM di Kota Malang hari Jum’at 20 Oktober 2023 adalah bertempat di Parkiran Stadion Gajayana.

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait