Terus Cegah Kasus Bullying, Polres Malang Bergerak dengan Sosialisasi di Sekolah-sekolah

Terus Cegah Kasus Bullying, Polres Malang Bergerak dengan Sosialisasi di Sekolah-sekolah (Humas Polres Malang)

Zonamalang.com – Polres Malang, bagian dari Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), terus berupaya keras untuk mencegah kasus bullying sejak dini dengan langkah-langkah pencegahan yang konkret. Salah satu upaya terbaru yang mereka lakukan adalah kunjungan ke sekolah-sekolah dan memberikan sosialisasi anti perundungan serta kenakalan remaja.

Iptu Ahmad Taufik, Kasihumas Polres Malang, menjelaskan bahwa sosialisasi ini tidak hanya ditujukan untuk siswa-siswa, tetapi juga untuk para guru di sekolah-sekolah yang mereka kunjungi. Guru-guru diberikan pemahaman dan panduan untuk lebih peka dalam mengenali tanda-tanda perundungan yang mungkin terjadi di kalangan siswa mereka.

Sosialisasi ini tidak hanya menggambarkan dampak negatif dari tindakan bullying terhadap korban, tetapi juga memberikan pemahaman tentang konsekuensi bagi pelaku. Menurut Iptu Taufik, kegiatan ini juga merupakan wujud silaturahmi Polri dengan dunia pendidikan, sekaligus menjadi forum untuk mendengar berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah.

Advertisement

Lebih lanjut, Taufik menyatakan bahwa pemahaman mengenai perundungan di lingkungan sekolah harus terus disosialisasikan sehingga semua pihak dapat memahaminya sepenuhnya. Perundungan di sekolah mencakup berbagai perilaku yang merugikan atau menyakiti seseorang, baik secara fisik, verbal, sosial, emosional, maupun psikologis, dalam konteks pendidikan.

Upaya yang dilakukan oleh Polres Malang ini sejalan dengan komitmen Polri untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan anak-anak di lingkungan sekolah. Dengan memberikan edukasi kepada siswa-siswi dan guru-guru mengenai bahaya bullying, diharapkan akan terbentuk lingkungan belajar yang lebih aman dan mendukung perkembangan positif anak-anak.

“Kami berharap bahwa inisiatif ini dapat menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya memerangi bullying dan melindungi generasi muda Indonesia,” tambahnya dengan harapan besar akan dampak positif dari langkah pencegahan ini.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait