Unik! Kuda Lumping hingga DJ Iringi Moment HUT RI ke 78 di Paolo Fest Batu

Zonamalang.com – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023, Manajemen Paolo Fest telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan acara yang menghibur para wisatawan yang datang berkunjung.

Bertemakan “Happy Independence Indonesia”, Paolo Fest memberikan suasana yang berbeda dalam even kali ini. Acara tersebut menampilkan kesenian tradisional yang mengusung nilai kearifan lokal, seperti Kuda Lumping Turonggo Madyo dari Kota Wisata Batu, serta penampilan musik langsung dari Helena, Aditya dengan saxophone, dan Aria sebagai DJ.

Asisten Manager Paolo Fest, Dony Peloni Lingga, menjelaskan bahwa pihaknya sengaja mengadakan rangkaian acara ini sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian budaya lokal dan kesenian tradisional di Indonesia, khususnya di Kota Batu.

Advertisement

“Pelaksanaan Kuda Lumping Turonggo Madyo dari Kota Batu memiliki tujuan untuk menghibur para wisatawan yang mengunjungi Paolo Fest, sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan budaya lokal,” kata Dony kepada media pada Kamis (17/8/2023).

Dalam peringatan HUT RI ini, Manajemen Paolo Fest tidak hanya merayakan momen tersebut, tetapi juga terus berinovasi dengan menyelenggarakan berbagai acara. Hal ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Batu.

“Inisiatif dari Manajemen Paolo Fest bertujuan untuk memajukan Kota Wisata Batu, termasuk dengan mengadakan berbagai acara. Kami peduli terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu dan berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Paolo Fest,” jelas Dony.

Salah satu pengunjung Paolo Fest, Dita Septa Vera (22), merasa terhibur dengan kehadiran kesenian tradisional seperti Kuda Lumping, Rampak Barong, dan Rampak Sembur Geni yang ditampilkan dalam acara tersebut.

Advertisement

“Menampilkan kesenian tradisional seperti Kuda Lumping di Paolo Fest sangat jarang, biasanya hanya ada live band dan DJ. Tapi pada hari ini, dalam rangka HUT RI yang ke-78, adanya kesenian Kuda Lumping sangat menarik,” ungkap Dita, seorang mahasiswi di salah satu kampus swasta Kota Malang.

Dia berharap Manajemen Paolo Fest terus berinovasi dengan memberikan acara yang beragam, seperti pemutaran film perjuangan, untuk memberi pengalaman yang berkesan bagi para wisatawan.

“Kami berharap bahwa Manajemen Paolo Fest akan terus menyajikan berbagai acara menarik, tidak hanya musik dan DJ, tetapi juga acara seperti nobar film perjuangan. Ini akan memberi dampak yang positif, terutama saat peringatan HUT RI, sehingga kami, generasi muda, dapat terus mengingat perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan,” tutur Dita.

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait