Viral MUA Asal Malang ini Bantu Melahirkan Ibu di Pesawat

Seorang ibu dengan satu anak dan MUA ini berhasil membantu proses melahirkan di pesawat, ternyata berbekal dari nonton film lur..

Viral MUA Asal Malang ini Bantu Melahirkan Ibu di Pesawat (Istimewa)

Zonamalang.com – Kejadian yang menghebohkan seluruh penumpang pesawat, ketika seorang MUA (Make Up Artist) asal Malang membantu proses persalinan seorang ibu didalam pesawat.

Viral seorang MUA yang tidak memiliki pengalaman medis apapun membantu persalinan seorang ibu didalam pesawat yang ditumpangi.

Yakni Yulia, yang berprofesi sebagai MUA dan satu anak ini membantu seorang ibu yang tiba-tiba melahirkan di pesawat Pelita Air IP 208 saat perjalanan penerbangan dari Jakarta menuju Surabaya.

Advertisement

“Gimana ya, saya kan nggak punya pengalaman sebagai tenaga medis. Pas waktu bantu itu, saya cuma berbekal pernah menonton film proses persalinan saat melahirkan, cuma lupa film apa,” kata Yulia seperti yang dikutip dari detikJatim pada Rabu 28 Juni 2023.

Tentu hal itu menjadi pengalaman paling unik dalam hidupnya dimana dia bantu melahirkan ibu-ibu dalam pesawat ketika dia kembali dari Jakarta menuju Malang. Dia naik Pelita Air pada Selasa 17 Juni 2023 siang.

Kronologi Yulia Bantu Melahirkan di Pesawat

Dalam perjalanan itu, tiba-tiba seorang pramugari mengumumkan lewat pengeras suara. Bahwa mereka mencari penumpang yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Saat pengumuman, seluruh penumpang tidak ada yang angkat tangan, apalagi dalam pengumuman itu disampaikan untuk meminta pertolongan pada seorang ibu yang akan melahirkan.

Advertisement

Karena memang pada saat itu, seluruh penumpang tidak ada yang berprofesi sebagai tenaga medis atau bidan.

“Ketika saya ke kursi bagian belakang sata melihat pramugari sudah melepas tirai yang menjadi pembatas antara penumpang dan pramugari. Nah, disitu terlihat ibu yang akan melahirkan itu ditidurkan di kursi,” ujar Yulia.

Mendadak susana dalam pesawat kala itu cukup menegangkan, terlihat seluruh pramugari dan penumpang kebingungan terkait apa yang harus dilakukan. Mengingat, kejadian ini berhubungan dengan nyawa.

“Bingung semua saat itu, pada bilang ‘gimana ini? gimana ini?’. Kondisi saat itu saya juga panik takut bayinya kenapa-kenapa, tapi juga kepingin nolong ibu itu lahiran,” sambunya.

Karena tidak ada yang merespon, akhirnya Yulia memutuskan untuk bergerak dan mencoba berikan pertolongan bersama dengan satu penumpang lain. “Pikiran saya awal cuma berusaha membantu apa yang saya bisa,” katanya.

Ketika Yulia menghampiriri ibu itu, air ketuban sudah pecah dan anaknya sudah lahir sendiri. Seketika dia mencari alat untuk memotong tali pusat.

“Akhirnya saya ikat pakai selotip, terus saya gunting. Kemudian bayi saya bawa kemudian saya bedong menggunakan mukena dan baju milik pramugari,” tandasnya.

Advertisement

Viral sebelumnya, keajadian pada pukul 14.05 WIB ini membuat petugas menerima laporan adanya penumpang Pelita Air dengan nomor penerbangan IP 208 tujuan CGK-SUB yang melahirkan di pesawat.

“Selanjutnya petugas terminal bandara siaga dengan melapor ke ruang klinik KKP untuk meminta bantuan penanganan medis kepada penumpang Pelita Air IP 208 dari CGK yang akan mendarat di Parking Stand 04,” ujar Humas Angkasa Pura I Bandara Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro.

Selanjutnya, pada pukul 14.18 WIB, pesawat Pelita Air tersebut mendarat di Bandara Juanda. Kemudian petugas bandara yang terdiri dari Airport Duty Manager, Airport Rescue and Fire Fighting, Apron Movement Controller, dan dokter dari KKP sudah stand by di apron.

“Petugas langsung berkoordinasi dengan awak kabin untuk melakukan penanganan medis kepada satu penumpang yang telah melahirkan di pesawat tersebut,” imbuh Yuristo.

Dengan cepat, ibu dan bayi yang tak diungkap identitasnyua ini akhirnya dievakuasi dari pesawat ke ambulans Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Juanda.

“Dokter bersama petugas Gapura membawa penumpang dan bayinya ke ambulans untuk dirujuk ke RS Mitra Keluarga Waru pada pukul 14.45 WIB,” tutup Yuristo.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait