Warga Malang Sambat, Siaran TV Indosiar dan SCTV Hilang, Loh Kok Bisa?

Siaran TV Indosiar dan SCTV di Malang hilang lur? ternyata begini penyebabnya

Warga Malang Sambat, Siaran TV Indosiar dan SCTV Hilang (Youtube/Kantong Ajaib)

Zonamalang.com – Ramai dibahas warga Malang Raya, bahwa pada hari Sabtu 1 Juli 2023 siaran TV Indosiar dan SCTV tiba-tiba menghilang, lantas kenapa bisa seperti itu?.

Beberapa penghuni grub Komunitas Peduli Malang Raya (KPMR) di Facebook mengeluhkan jika siaran TV favorit mereka yakni Indosiar dan SCTV sudah tidak ada lagi.

“Kota Malang, SCTV dan Indosiar ilang yo dulur..?” kata Nina Ican di post grub dengan penghuni hampir 130 ribu itu.

Advertisement

“Minta info. Tv Indosiar sama sctv apa ada gangguan. Soalnya di rumah gak bs nyala” tanya akun bernama Semar seperti yang dilihat Zonamalang.com pada 1 Juli 2023.

“Owlaah senengane dlok magic 5 di indosiar lah kok ilang chanel e ya allah!!!” ujar akun Ays Ndut.

Pantauan Zonamalang.com, pada hari tersebut memang siaran TV Indosiar dan SCTV tidak menampilkan gambar, melainkan hanya warna biru.

Hal itu hanya terjadi pada siaran TV Analog, warga Malang yang belum migrasi ke siaran TV Digital akan kehilangan dua siaran tersebut.

Advertisement

Bagi yang sudah migrasi dengan mengikuti instruksi Kominfo terkait ASO (Analog Switch Off) di Malang, siaran TV Indosiar dan SCTV tetap ada.

Perusahaan Emtek (termasuk Indosiar dan SCTV) telah melaksanakan ASO secara mandiri untuk wilayah Jawa Timur pada 30 Juni 2023, hal itu yang diduga menjadi penyebab frekuensi Indosiar dan SCTV menghilang.

Untuk itu, segera migrasi dari siaran TV Analog ke Digital yang sudah dietapkan oleh pemerintah, jika TV kami masih menggunakan Analog, bisa memasang Set Top Box (STB) agar siaran TV digital bisa diterima.

Terkait dengan penerapan kebijakan ASO di Kota Malang oleh pemerintah pusat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto mengatakan, pihaknya telah secara masif memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal itu usai penerapan kebijakan ASO dimana masyarakat akan dibagikan STB gratis atau membeli sendiri di Toko Terdekat.

“Kita pada akhirnya di sosmed telah memberikan informasi terkait dengan paling nggak STB yang kompatibel. Maka kita dorong masyarakat dan saya yakin harganya masih relatif terjangkau kan, sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu,” kata Wiwid.

Sementara itu, jika warga Malang dan sekitarnya merasa TV atau set top box mereka hanya mampu mendapatkan sedikit siaran saja, bahkan terkadang tidak ada sinyal sama sekali. Masalah ini juga sering kali dialami orang yang tinggal di wilayah lain, khususnya daerah terpencil.

Advertisement

Solusinya adalah, bisa melakukan scan (pencarian) secara manual atau otomatis untuk mencari frekuensi Indosiar dan SCTV yang hilang pada perangkat STB.

Pastikan antena outdoor kamu menggunakan tiang penyangga yang cukup tinggi agar hasil siaran yang ditangkap bisa jernih dan proses scanning berjalan lancar.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait