Warga Malang Semangat Ujian SIM C Usai Jalur Uji Praktek Angka 8 Diganti

Warga Malang Semangat Ujian SIM C Usai Jalur Uji Praktek Angka 8 Diganti (Foto: Polresta Malang Kota)

Zonamalang.com, MALANG – Ujian praktik untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sering membuat pemohon SIM merasa khawatir, kini tidak lagi begitu menakutkan berkat perubahan yang dilakukan oleh Polri. Perubahan ini terjadi karena ada penyesuaian pada jalur ujian praktik SIM C, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada Senin (07/08/2023).

Mulai dari hari Jumat pekan lalu (4/8/2023), jalur ujian praktik SIM C yang baru ini sudah diterapkan di Kantor Satpas SIM Polresta Malang Kota. Perubahan ini tidak hanya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tetapi juga untuk mempermudah pemohon SIM dengan tetap memperhatikan aturan keselamatan dalam berlalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim, menjelaskan bahwa sekarang Satpas SIM Polresta Malang Kota menerapkan sistem ujian praktik SIM C yang tidak lagi melibatkan angka 8 dan rintangan zig-zag. Ini adalah respons dari Instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Advertisement

Perubahan ini merupakan upaya untuk menyederhanakan ujian. Pemohon SIM masih harus mengikuti prosedur ujian praktek SIM yang sudah ada. Jika mereka tidak lulus, mereka bisa mengikuti sesi bimbingan dan mengulang ujian kembali,” kata Fani.

“Dalam format baru ini, ujian praktik SIM C akan dilakukan di jalur sirkuit yang telah diperbarui dari versi sebelumnya. Menurut rencana yang diungkap oleh Polri, jalur uji praktik SIM C terdiri dari tiga lintasan lurus dan lima area belokan, satu di antaranya menyerupai huruf S,” jelasnya.

Mewakili Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto menambahkan bahwa selama ujian praktik, pemohon SIM C akan memasuki garis start, dan setelah menyelesaikan semua tantangan di jalur ujian, mereka akan keluar dari sisi lain.

Jalur ujian ini mencakup empat materi ujian praktik dengan lebar jalur yang diperlebar, dan tidak lagi termasuk rintangan zig-zag atau tes slalom. Ujian membentuk angka delapan digantikan dengan membentuk huruf S,” tambahnya.

Advertisement

Perubahan jalur ujian praktik SIM C ini mendapatkan apresiasi dari Shafa dan Rima, keduanya adalah warga Kota Malang yang langsung mencoba jalur ujian baru tersebut.

Keduanya merasa terbantu dengan perubahan jalur ujian praktik SIM C yang baru. Sebelumnya, mereka harus menghadapi jalur zig-zag dan membentuk angka delapan (8).

Kini, mereka hanya perlu melintasi jalur yang menyerupai huruf S serta beberapa belokan dan jalur lurus. “Saya berhasil melaluinya dan merasa senang karena berhasil menghadapi tantangan tersebut. Terima kasih kepada Kapolri,” ungkap salah satu dari mereka dengan penuh kebahagiaan.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait