BMKG Tekankan Pentingnya Pengamatan dan Pelayanan Wilayah Pesisir dan Laut dalam Menghadapi Perubahan Iklim

BMKG Tekankan Pentingnya Pengamatan dan Pelayanan Wilayah Pesisir dan Laut dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Zonamalang.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menekankan bahwa kondisi bumi saat ini sangat mengkhawatirkan dan sulit diprediksi. Oleh karena itu, dalam event COP28: Water For Life di Dubai, Uni Emirat Arab, Dwikorita mengatakan bahwa pengamatan dan pelayanan wilayah pesisir dan laut secara terpadu sangat penting untuk menghadapi perubahan iklim dan bahaya laut.

Dwikorita, yang menjadi panelis dalam sesi Earth Information Day, membahas peran pengamatan dalam mendukung pelaporan nasional, kebutuhan informasi untuk Global Stocktake ke-2, serta kemitraan sektor publik-swasta dalam pengamatan gas rumah kaca.

“Pengamatan dan layanan laut yang akurat dan andal sangat relevan untuk mengurangi ancaman yang timbul akibat perubahan iklim,” ujar Dwikorita.

Advertisement

Menurutnya, ketersediaan data dan informasi kelautan yang akurat juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir, mendukung pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta memperkuat sistem peringatan dini bencana, terutama tsunami.

Dwikorita menegaskan bahwa wilayah pesisir dan laut memiliki arti strategis dan penting bagi masa depan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Interaksi darat-laut menjadi faktor utama dalam karakteristik cuaca-iklim di Indonesia, dan pengamatan laut diharapkan dapat mengatasi tantangan perubahan iklim.

“Ketersediaan data dan informasi yang akurat mengenai laut menjadi salah satu bentuk mitigasi dampak perubahan iklim,” kata Dwikorita, menekankan perlunya kolaborasi global untuk melakukan pengamatan laut yang berkelanjutan.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Topik:
Berita Terkait