Dentuman Misterius di Dusun Tengah, Sumenep: Masyarakat Dihimbau Tenang Menanti Penjelasan BMKG

Dentuman Misterius di Dusun Tengah, Sumenep: Masyarakat Dihimbau Tenang Menanti Penjelasan BMKG (Dok. Polres Sumenep)

Zonamalang.com – Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, diliputi kebingungan akibat dentuman misterius yang menggegerkan warga. Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa penyebab fenomena ini masih menjadi misteri. Fauzi mengungkapkan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) guna mengungkap akar permasalahan ini.

“Kami akan berkolaborasi dengan BMKG untuk melakukan investigasi lebih lanjut terkait dentuman misterius ini. BMKG dijadwalkan akan mendatangi Dusun Tengah besok, Senin, guna memasang alat deteksi dan mencari tahu lebih lanjut apa yang sebenarnya terjadi,” kata Fauzi dalam keterangan dikutip dari Kompas.com Minggu (13/8/2023).

Menurut Fauzi, mencari tahu penyebab dentuman bukanlah tugas yang bisa diambil dengan mudah. Dia mengungkapkan bahwa hasil koordinasi dengan BMKG menyatakan bahwa alat khusus diperlukan untuk menemukan akar permasalahan ini.

Advertisement

Bukan hanya BMKG, tim ahli dari berbagai instansi juga turut serta dalam usaha untuk mengidentifikasi penyebab dentuman misterius ini. Meski demikian, Fauzi mengajak masyarakat untuk bersabar dan tidak panik menanti hasil investigasi yang akan dilakukan.

“Situasi ke depan akan ditentukan oleh hasil investigasi besok. Kami mohon pengertian dari masyarakat, karena saat ini kita masih belum memiliki jawaban pasti. Saya mengimbau warga tetap tenang, tak perlu panik, dan kita harus bersama-sama mendoakan agar situasi ini segera terungkap,” tambahnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (12/8/2023), terdengar suara dentuman misterius yang berasal dari dalam tanah rumah warga Dusun Tengah. Suara ini membuat pemilik rumah merasa khawatir dan akhirnya memutuskan untuk mengungsi sementara. Ketidakpastian mengenai asal muasal suara tersebut mendorong tindakan pencegahan yang dilakukan oleh warga.

Misteri dentuman ini terus menjadi perbincangan di tengah masyarakat, dengan harapan penjelasan yang lebih jelas dan memadai akan segera ditemukan oleh investigasi yang akan dilakukan oleh BMKG dan tim ahli. Hingga saat itu, Dusun Tengah dan sekitarnya diimbau untuk tetap tenang dan berdoa sambil menunggu hasil dari upaya penyelidikan yang sedang dilakukan.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait