Dijahili Pak Basuki Saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Erick Thohir: Suka Jahil Emang

Dijahili Pak Basuki Saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka (Tangkap Layar Live Streaming)

Zonamalang.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja membagikan pandangannya tentang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Menurut Erick, Basuki adalah sosok yang tak asing dengan hal-hal jahil. Ungkapan ini muncul setelah momen lucu terjadi saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023) pagi tadi.

Erick mengaku terkejut karena Basuki mencoleknya ketika upacara sedang berlangsung. “Ya (Pak Basuki) memang jahil. Kalau saya sama Pak Basuki pasti jahil-jahilan,” kata Erick dengan senyum di wajahnya. Tempat kejadian adalah Istana Merdeka, Jakarta, dan waktu itu adalah Kamis petang.

Tindakan jahil Basuki yang tak terduga ini kemudian menjadi viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Erick mengaku tidak menduga bahwa momen tersebut akan menarik perhatian banyak orang. “Yang pasti tadi pas saya berdiri, tiba-tiba Pak Basuki megang, saya kaget-kaget, jadi viral,” kata Erick.

Advertisement

Melalui penyelidikan, ternyata Basuki penasaran dengan pakaian yang dikenakan oleh Erick Thohir selama upacara bendera pagi itu. Erick menjelaskan bahwa pakaian yang ia kenakan adalah pakaian dari organisasi Budi Oetomo, organisasi yang berperan dalam membangkitkan semangat nasionalisme pada tahun 1908.

Erick menjelaskan bahwa pemilihan pakaian tersebut sangat tepat dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia, mengingat mayoritas penduduk Indonesia saat ini adalah generasi muda. “Kita tahu itu kan organisasi pergerakan pemuda dan hari ini juga mayoritas penduduk Indonesia berusia muda dan kita dalam proses transisi ke Indonesia maju, jadi samalah momentumnya,” ujar Erick Thohir.

Upacara pagi tadi menjadi sangat berkesan dengan berbagai momen yang mengundang tawa, termasuk tindakan jahil Basuki terhadap Erick Thohir. Dalam rekaman video upacara, terlihat bahwa setelah bendera diangkat, semua menteri duduk. Kebetulan, Basuki dan Erick, serta istri mereka, duduk berdampingan.

Selanjutnya, pembawa acara meminta semua yang hadir berdiri untuk mendengarkan musik instrumen “Andika Bhayangkari”. Meskipun suasana khidmat, Basuki terlihat menunduk dan memperbaiki pakaian yang dikenakannya. Ia juga merapikan setelan jas yang dipakai dan sempat menyelipkan tangannya ke dalam kantong.

Advertisement

Tiba-tiba, Basuki menoleh ke arah Erick Thohir yang berdiri di sebelahnya. Ia mencoba “mengintip” bagian dalam jas yang dikenakan Erick. Hal ini dilakukan saat para menteri lainnya tengah fokus mendengarkan “Andika Bhayangkari”. Tangannya mencoba mengambil potongan jas di dalamnya.

Reaksi tak terduga ini langsung menarik perhatian. Istri Basuki Hadimuljono juga ikut bereaksi dengan menepuk tangan suaminya, seolah mengingatkannya untuk tidak melakukan hal tersebut. Sedangkan Erick Thohir hanya terlihat tersenyum melihat kelakuan Basuki, rekan kerjanya dalam Kabinet Kerja. Basuki juga langsung menoleh ke arah istrinya, mungkin setelah diingatkan tentang tindakannya yang tak biasa tersebut.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait