Firli Bahuri Resmi Mundur sebagai Ketua KPK Setelah Empat Tahun Menjabat

Firli Bahuri Resmi Mundur sebagai Ketua KPK Setelah Empat Tahun Menjabat

Jakarta, 21 Desember 2023 – Firli Bahuri mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah menjabat selama empat tahun sejak dilantik pada 20 Desember 2019. Pengumuman ini disampaikan oleh Firli Bahuri sendiri di depan Kantor Dewan Pengawas KPK pada Kamis, 21 Desember 2023.

Dalam pernyataannya, Firli Bahuri menyatakan, “Genap empat tahun saya melaksanakan tugas sebagai Ketua KPK periode 2019 – 2023, sejak tanggal 20 Desember 2019 sampai 20 Desember 2023, maka saya mengakhiri tugas saya sebagai Ketua KPK.” Firli Bahuri juga menegaskan bahwa surat pengunduran dirinya telah diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara.

Surat permohonan pengunduran diri itu dikirim pada 18 Desember 2023, dan saat ini Firli Bahuri masih menunggu keputusan Presiden Jokowi terkait pengunduran dirinya. Selain mengundurkan diri sebagai Ketua, Firli Bahuri juga menyatakan bahwa ia bukan lagi anggota KPK.

Advertisement

Sebelumnya, pada 24 November 2023, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) yang memberhentikan sementara Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Langkah ini diambil setelah Firli Bahuri resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Kasus pemerasan tersebut memicu desakan dari sejumlah tokoh untuk Firli Bahuri mengundurkan diri dari jabatannya demi menjaga integritas dan marwah lembaga KPK. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bahkan secara terang-terangan menyerukan pengunduran diri Firli Bahuri untuk menjaga reputasi lembaga tersebut.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait