Gencar untuk Cegah Korupsi dalam Program Pupuk Subsidi dan Tata Kelola BUMD di Jatim, Ini Langkah Polri

Gencar untuk Cegah Korupsi dalam Program Pupuk Subsidi dan Tata Kelola BUMD di Jatim, Ini Langkah Polri

Jakarta, Zonamalang.com – Satuan Tugas Khusus Pencegahan Korupsi Polri (Satgassus Pencegahan Korupsi Polri) terus mengintensifkan upayanya dalam mencegah korupsi terutama dalam program pupuk subsidi dan pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Keterlibatan berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam upaya pemberantasan korupsi adalah suatu hal yang tak bisa dihindari, oleh karena itu program seperti ini diharapkan akan berhasil mengurangi kemungkinan terjadinya penyelewengan dalam program pupuk subsidi serta tata kelola keuangan BUMD,” ungkap anggota Satgassus Pencegahan Korupsi Polri, Yudi Purnomo dalam keterangannya pada Jumat (27/10/2023).

Yudi menekankan bahwa acara ini adalah nyata dari komitmen Polri dalam memitigasi korupsi dengan cara yang tepat. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta, yang bertanggung jawab dalam mengelola sektor pangan dan keuangan daerah, untuk mencegah praktik-praktik korupsi, meningkatkan sistem, dan mengurangi risiko korupsi.

Advertisement

Yudi menyampaikan pesan ini dalam sebuah sesi diskusi yang digelar di Aula Hayam Wuruk Setda Jatim. Kegiatan ini adalah hasil dari kerjasama erat antara Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), Kementerian Pertanian (Kementan), dan PT Pupuk Indonesia.

Para pembicara yang berpengalaman dan ahli berbagi wawasan mereka untuk memfasilitasi dialog yang konstruktif di antara para peserta.

Pada hari pertama, beberapa pembicara terkemuka termasuk Herry Muryanto dari Satgas Pencegahan Korupsi Polri, Kombes Farman dari Direktorat Kriminal Kepolisian Daerah Jawa Timur, Dydik Rudy Prasteya dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, serta Gusrizal.

Selain itu, Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC), dan Yanti Ermawati, Koordinator Pupuk Subsidi Kementan. Diskusi ini dipandu oleh Hotman Tambunan, Ketua Tim Pencegahan Korupsi Bidang Pangan Polri.

Advertisement

Pada hari kedua, para pembicara seperti Novel Baswedan dari Deputi Satuan Tugas Khusus Pencegahan Korupsi Polri, Jehezkiel Devy Sudarso dari Sekretaris Provinsi Jawa Timur, Muhammad Gunawan Saleh dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jawa Timur, dan Eko Susetyono, Direktur Manajemen Risiko di PT Bank Pembangunan Jawa Timur. Diskusi tersebut dipandu oleh Herbert Nababan, Wakil Ketua Tim Bidang Pangan Satgassus Pencegahan Korupsi Polri.

Peserta acara melibatkan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan berbagai kabupaten/kota. Diskusi ini difokuskan pada BUMD yang beroperasi di sektor-sektor strategis seperti perbankan dan penyediaan air minum. Semoga upaya ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pencegahan korupsi di berbagai sektor di Jawa Timur.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait