Letjen (Purn) Doni Monardo Meninggal Dunia, Tokoh Penanggulangan Bencana dan Pandemi COVID-19

Letjen (Purn) Doni Monardo Meninggal Dunia, Tokoh Penanggulangan Bencana dan Pandemi COVID-19

Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019-2021, Letjen (Purn) DR HC Doni Monardo, dikonfirmasi meninggal dunia pada Ahad (3/12/2023) sore. Informasi ini disampaikan oleh Staf Khusus Doni Monardo, Egy Massadiah, di RS Siloam Semanggi, Jakarta.

“Beliau meninggal pukul 17.35 WIB di RS Siloam Semanggi,” ujar Egy Massadiah.

Doni Monardo dilaporkan jatuh sakit dan telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak tanggal 22 September 2023. Pria kelahiran 10 Mei 1963 ini memiliki kontribusi besar dalam penanggulangan bencana dan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Advertisement

Sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNPB pada Januari 2019, Doni Monardo menjadi salah satu tokoh kunci dalam menghadapi berbagai tantangan bencana alam dan kesehatan masyarakat.

Pada Maret 2020, Doni Monardo menginisiasi pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang kemudian berkembang menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Pada Maret 2023, Doni Monardo meraih penghargaan dari Presiden Jokowi atas kontribusinya dalam penanggulangan COVID-19. Penghargaan tersebut diberikan berkat strategi Pentahelix yang diusungnya, yang menekankan semangat kegotongroyongan melibatkan semua sumber daya, termasuk kerja sama pemerintah daerah, masyarakat, pakar, akademisi, media, serta sektor swasta.

Indonesia kehilangan seorang tokoh yang gigih dan berdedikasi dalam menjalankan tugas kemanusiaan. Semua pihak merasakan duka yang mendalam atas kepergian Letjen (Purn) Doni Monardo.***

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait