Mengenal Masjid Qubah Timah Pangkalpinang yang Unik, Segera Dibuka November Ini

Mengenal Masjid Qubah Timah Pangkalpinang yang Unik, Segera Dibuka November Ini

Zonamalang.com – Masjid Qubah Timah, sebuah ikon baru di pusat Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, akan segera dibuka sebagai fasilitas ibadah yang memiliki makna mendalam. Diberi nama “Qubah Timah,” masjid ini menjadi kado perpisahan dari Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, yang telah menyelesaikan masa jabatannya.

Dengan lokasinya yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, masjid Qubah Timah memiliki desain yang istimewa. Bangunan ini berbentuk kubah dengan warna perak terang yang sangat mencolok. Desainnya memiliki makna yang dalam, menggambarkan bentuk tudung saji, yang merupakan penutup makanan khas Bangka Belitung. Selain itu, timah yang melambangkan kekayaan alam daerah ini, yaitu tambang timah, turut menjadi bagian dari desain masjid ini.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, menjelaskan bahwa Masjid Qubah Timah adalah simbol dari perpaduan unsur budaya lokal dan sumber perekonomian daerah. Ia menyatakan bahwa saat ini, Pangkalpinang belum memiliki masjid agung, dan itulah alasan di balik pembangunan masjid ini. Dengan daya tampung lebih dari 1.000 jamaah, masjid ini memiliki lokasi yang sangat strategis, memudahkan masyarakat untuk menjalankan ibadah.

Advertisement

Peresmian Masjid Qubah Timah direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 November 2023. Saat ini, proses penyelesaian tahap akhir masih berlangsung. Bangunan utamanya telah berdiri dengan megah, dan masjid ini dikelilingi oleh taman yang telah ditanami dengan pohon-pohon hijau yang indah.

Konstruksi bangunan masjid menggunakan rangka baja dengan lapisan plat enamel yang membentuk kubah. Seluruh proyek ini melibatkan pembangunan lima bangunan kubah yang akan diwujudkan secara bertahap. Sebelumnya, lahan tempat pembangunan masjid ini adalah gudang beras yang telah terbengkalai, tetapi kini telah berubah menjadi salah satu simbol keindahan dan nilai budaya di Pangkalpinang, setelah ditukar guling oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Badan Urusan Logistik (Bulog).***

Sumber: Kompas

Advertisement

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait