SAH! Revisi UU ITE Sekarang Resmi Jadi Undang-Undang, Ini Poinya

SAH! Revisi UU ITE Sekarang Resmi Jadi Undang-Undang, Ini Poinya

Zonamalang.com – DPR Sahkan Revisi UU ITE: Ini 7 Poin Subtansi Perubahan – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menyetujui pengesahan perubahan kedua atau revisi atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagai undang-undang. Keputusan ini diambil dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-10 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024.

Sebelum pengesahan, Wakil Ketua Komisi I Abdul Kharis menyampaikan laporan Komisi I terkait pembahasan revisi UU ITE. Ada 20 poin perubahan dalam revisi UU ITE, dengan 14 pasal eksisting yang mengalami perubahan dan penambahan 5 pasal baru.

Berikut adalah 7 poin subtansi perubahan dalam revisi UU ITE:

  1. Pasal 27 Ayat 1: Perubahan terkait muatan kesusilaan dengan merujuk pada ketentuan Pasal dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP.
  2. Pasal 27 Ayat 3: Perubahan terkait muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dengan merujuk pada ketentuan Pasal dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP.
  3. Pasal 27 Ayat 4: Perubahan terkait pemerasan atau pengancaman dengan merujuk pada ketentuan Pasal dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP.
  4. Pasal 28 Ayat 1: Perubahan terkait keterangan menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.
  5. Pasal 28 Ayat 2: Perubahan terkait menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, serta perbuatan yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.
  6. Pasal 29: Perubahan terkait ancaman dan/atau menakut-nakuti.
  7. Pasal 36: Perubahan terkait perbuatan yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Selain itu, ada perubahan pada Pasal 45 dan penambahan Pasal 45a terkait ancaman pidana penjara dan pidana denda atas pelanggaran kesusilaan.

Advertisement

Keputusan ini menuai berbagai respons dari masyarakat dan pihak terkait terkait dengan dampak dan implikasi revisi UU ITE terhadap kebebasan berekspresi di dunia digital.

Sumber: Berita ini disusun berdasarkan informasi dari CNN Indonesia.

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait