Setelah Akun YouTube Sunnah Nabi Hilang Usai Hina Agama Islam, Kini Muncul Channel Nabi Asli

Setelah Akun YouTube Sunnah Nabi Hilang Usai Hina Agama Islam, Kini Muncul Channel Nabi Asli

Zonamalang.com – Sebuah kontroversi besar telah meletup terkait akun YouTube bernama @SunnahNabi1. Publik Tanah Air dikejutkan oleh konten-konten video animasi yang mengisahkan kisah Nabi Muhammad SAW dan sahabat tanpa menyertakan sumber yang kredibel. Banyak kalangan yang menilai konten ini merendahkan Islam dan menghina Nabi Muhammad SAW.

Pada Senin (21/8/2023) siang, pantauan dari Zonamalang.com menunjukkan bahwa konten-konten video dari akun Youtube tersebut masih dapat ditonton. Namun, ketika video dipilih, muncul tulisan ‘Channel ini tidak tersedia’. Dalam konteks ini, akun ini tampaknya tidak berdiri sendiri, karena ada juga akun berbahasa Inggris @NabiAsli1 dan versi berbahasa India @NabiAsliHindi.

Akun @NabiAsli1 telah mendapatkan 57 ribu pengikut dan berisi 63 video. Akun ini pertama kali dibuat pada 14 Juni 2013 dan telah menarik lebih dari lima juta penonton. Deskripsinya cukup kontroversial, dengan tuduhan terhadap para ulama yang diduga menyembunyikan ajaran sejati Islam dan menggambarkan agama ini sebagai agama damai.

Advertisement

Konten-konten yang diunggah memiliki beragam judul seperti “Nabi Muhammad Perencana Pernikahan,” dan “Islam Durjana,” yang dijelaskan dalam beberapa video.

Tindakan Pemerintah

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, memastikan bahwa Kementerian Kominfo akan mengambil tindakan pemutusan akses (takedown) terhadap akun tersebut. Dia menjelaskan proses yang sedang berlangsung, dengan mengatakan, “Kami sudah menemukannya, sekarang sedang dalam proses profilling untuk proses takedown… Kami sudah mengajukan permintaan kepada Google untuk melakukan takedown. Paling lama, besok jam 11 pagi mereka akan menurunkan konten tersebut… Saya sedang berupaya agar proses ini bisa dipercepat,” ujar Budi.

Respon Tokoh Agama

Sejumlah tokoh agama telah mengecam konten tersebut dan mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan tegas. “Jika ternyata ada unsur pidana atau dugaan penistaan terhadap Nabi Muhammad Saw dalam akun tersebut, kami mendesak agar pemilik akun Sunnah Nabi segera ditangkap,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam, Ustaz Jeje Zaenudin dalam pernyataannya kepada inilah.com pada Senin (21/8/2023).

Kiai Masyhuril Khamis dan Ketua MUI Bidang Dakwah, KH Cholil Nafis, juga bergabung dalam mendesak pemerintah dan Polri untuk segera mengambil tindakan.

Advertisement

Penyelidikan oleh Bareskrim Polri

Bareskrim Polri akan menyelidiki konten video di kanal YouTube yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, memastikan bahwa “penyelidikan sedang berproses.”***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Topik:
Berita Terkait