Menkominfo Budi Arie Setiadi Sediakan Master Plan untuk Portal Layanan Publik Digital GovTech

Zonamalang.com, 6 Januari 2024 – Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, telah menyusun master plan dan mock-up untuk portal layanan publik digital nasional government technology (GovTech) atau portal GovTech. Portal ini dirancang untuk menyediakan akses terpadu bagi masyarakat Indonesia dalam satu aplikasi.

Menurut Menkominfo Budi Arie, master plan dan mock-up portal layanan publik sudah siap, dan presentasi akan segera dilakukan. Portal GovTech akan menawarkan sembilan layanan prioritas, termasuk pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, SIM online, Identitas Digital Dasar, platform pertukaran data, pembayaran digital, portal layanan publik, SPLP, SSO, Pusat Data Nasional, serta Portal Administrasi Pemerintahan.

Kepala Kementerian Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa portal GovTech akan menjadi aplikasi yang mencakup berbagai layanan penting. Layanan tersebut mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat, dari kesehatan hingga administrasi pemerintahan.

Advertisement

Menkominfo Budi Arie Setiadi ingin mempercepat kehadiran portal GovTech sebagai langkah dalam mewujudkan Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. Untuk mendukung implementasi portal ini, Kementerian Kominfo telah menyiapkan referensi harga sumberdaya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta tenaga pendukung non-TIK.

Budi Arie menegaskan bahwa percepatan transformasi digital harus memenuhi prinsip inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Inklusif artinya seluruh warga negara Indonesia dapat terlayani, sedangkan memberdayakan mencerminkan potensi ekonomi Indonesia yang luar biasa melalui transformasi digital.

Peluncuran Portal Nasional GovTech membutuhkan kerja kolaborasi semua pihak, dan Menteri BUMN Erick Thohir menekankan kesiapan Kementerian BUMN dalam mendukung instruksi Presiden Joko Widodo. Portal GovTech diharapkan dapat memudahkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat secara transparan.

Kolaborasi dengan ekosistem Peruri dan dukungan dari Telkom diharapkan dapat membawa dampak positif bagi Indonesia dalam mewujudkan transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Advertisement

Tentang GovTech:

GovTech adalah portal layanan publik digital nasional yang mencakup sembilan layanan prioritas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam satu aplikasi. Layanan tersebut mencakup pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, SIM online, Identitas Digital Dasar, pertukaran data, pembayaran digital, portal layanan publik, SPLP, SSO, Pusat Data Nasional, dan Portal Administrasi Pemerintahan.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait