OpenAI Telah Akuisisi Studio Desain AI Global Illumination

OpenAI Telah Akuisisi Studio Desain AI Global Illumination (Bryce Durbin / TechCrunch)

Zonamalang.com – OpenAI, entitas kecerdasan buatan yang bertanggung jawab atas fenomenalnya ChatGPT, si chatbot berbasis AI, telah berhasil melaksanakan akuisisi terhadap Global Illumination, sebuah startup yang berbasis di New York dan telah memadukan kecerdasan buatan ke dalam pembentukan perkakas, struktur, dan pengalaman digital yang menginspirasi.

Dialporkan oleh TechCrunch, Peristiwa ini menjadi panggung pertama OpenAI dalam mengakomodasi akuisisi dalam catatan sejarah mereka yang telah berlangsung selama tujuh tahun. Klausa perundingan kesepakatan yang digunakan untuk mencapai akuisisi ini dijaga kerahasiaannya.

“Kami menggembirakan diri dalam antisipasi dampak substansial yang dapat mereka hasilkan dalam lingkungan OpenAI,” begitu pengumuman yang tertulis dalam rangkaian singkat yang diterbitkan oleh OpenAI di tempat berbentuk blog resmi mereka. “Sepenuhnya, tim Global Illumination telah menyatukan diri bersama OpenAI untuk menggarap aspek inti pengembangan, termasuk di dalamnya pemanfaatan ChatGPT.”

Advertisement

Diasaskan oleh trilogi tokoh perintis: Thomas Dimson, Taylor Gordon, dan Joey Flynn, Global Illumination telah merengkuh rentetan upaya produktif sejak didirikan pada tahun 2021. Mereka menjalani perjalanan yang didukung oleh cakrawala modal ventura terhormat seperti Paradigm, Benchmark, dan Slow. Pasukan Global Illumination mendedikasikan diri mengatur dan merancang secara akurat produk-produk yang berkaitan dengan wadah media sosial seperti Instagram dan Facebook, juga platfom YouTube, Google, Pixar, dan Riot Games.

Sebagai tokoh kunci dalam segmen teknik di Instagram, peran aktif Thomas Dimson telah menjalankan fungsi integral dalam memberi kehidupan kepada model algoritma penerokaan mutakhir yang menjadi ruh penyaringan konten di platform tersebut. Saat mengecap peranannya di sana, dia turut mendirikan kru elit yang bertugas menyusun kerangka kerja untuk pengalaman eksploratif di bawah tab “Jelajahi Instagram”. Prestasi tersebut juga merambah berbagai wilayah penataan peringkat konten berupa unggahan dan Cerita, selain turut mempengaruhi landasan fondasi IGTV serta peran data analisis yang sifatnya universal.

Karya terkini yang tim Global Illumination persembahkan adalah karya bernama “Biomes”, sebuah permainan online peran berkonsep sandbox multiplayer yang membawa karakteristik sifat “open source” yang serupa dengan game fenomenal “Minecraft”. Seiring perkembangan waktu, tak terelakkan bahwa penekanan fokus para tim pengembang di OpenAI akan cenderung bersifat lebih serius, dan dapat disimpulkan bahwa elemen hiburan dalam konstruksi produk akan diringankan.

OpenAI, walau pada mulanya kelihatannya menunda peluang akuisisi, mendapati dirinya berada pada momentum strategis untuk melakukannya. Walaupun mereka telah dipenuhi oleh sumber modal ventura dari korporasi Microsoft dan jaringan modal ventura utama, OpenAI telah menjalankan program serta dana hibah yang berfokus pada investasi dalam perusahaan dan organisasi yang tengah merangkak menuju kemapanan dalam pemanfaatan kecerdasan buatan.

Advertisement

Tidak diragukan lagi, ambisi komersial telah menjadi agenda utama OpenAI. Sementara kepopularan yang diraih oleh ChatGPT telah menorehkan sejarah yang membanggakan di seluruh dunia, kabar yang beredar menyebutkan bahwa OpenAI telah mengeluarkan lebih dari $540 juta dalam tahun terakhir guna mendukung pengembangannya. Dengan nilai tersebut, termasuk di dalamnya alokasi dana yang dialokasikan untuk menarik talenta berbakat dari kalangan entitas sekelas Google, suatu informasi yang terungkap dalam laporan kajian oleh The Information.

Sebagai nilai penutup, OpenAI juga berhasil memanen pemasukan sebesar $30 juta pada tahun sebelumnya. Akan tetapi, inisiatif tingkat tinggi yang disuarakan oleh CEO mereka, Sam Altman, mencerminkan tekad untuk menggandakan angka tersebut pada tahun yang sedang berlangsung, dan menjulang hingga mencapai jumlah sebesar $200 juta, seluruhnya merupakan bagian dari visi menuju capaian setinggi $1 miliar pada tahun mendatang.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait