Telegram Luncurkan Fitur Stories dengan Fitur Edit yang Unik

Telegram Luncurkan Fitur Stories

Zonamalang.com – Telegram secara resmi mengumumkan peluncuran fitur Cerita atau Stories kepada seluruh penggunanya. Meskipun fitur ini pertama kali diperkenalkan kepada pengguna Premium bulan lalu, sekarang semua pengguna di platform tersebut dapat menikmati fitur Cerita ini. Pengumuman ini dirilis dalam rangka perayaan ulang tahun Telegram yang ke-10.

Salah satu ciri utama yang membedakan fitur Cerita baru di Telegram dari Stories di platform lain adalah kemampuan pengguna untuk mengeditnya setelah memposting. Berbeda dengan platform lain seperti Instagram, Snapchat, Facebook, dan TikTok di mana Anda tidak bisa mengedit Cerita setelah ditampilkan, Telegram memberikan opsi unik untuk mengedit Cerita setelah diposting.

Dengan cara ini, jika Anda ingin membuat perubahan, Anda tidak perlu menghapus stories dan memulainya dari awal.

Advertisement

Dalam sebuah posting di blog, Telegram menjelaskan, “Untuk pertama kalinya dalam sejarah media sosial, Anda dapat memperbarui elemen apa pun dari cerita Anda kapan saja – mengubah visibilitas, keterangan, teks di layar, stiker, atau apa pun – tanpa harus menghapus dan memposting ulang dari awal.”

Fitur Cerita di Telegram memberikan pengalaman yang serupa dengan platform lain. Pengguna dapat memilih apakah Cerita mereka dapat dilihat oleh semua orang, kontak mereka, beberapa kontak yang dipilih, atau daftar teman dekat. Cerita akan ditempatkan dalam bagian yang dapat diperluas di bagian atas daftar obrolan. Cerita yang diposting oleh kontak tertentu dapat disembunyikan dengan memindahkannya ke daftar “Tersembunyi” pada bagian Kontak, bukan di layar utama.

Pengguna memiliki kontrol atas durasi Cerita mereka. Cerita dapat berakhir dalam enam, 12, 24, atau 48 jam, atau ditampilkan secara permanen dalam bentuk sorotan Cerita, mirip dengan fitur sorotan di Instagram.

Selain itu, pengguna dapat menambahkan keterangan dan tautan ke Cerita mereka, serta mencantumkan tag pada pengguna lain dalam Cerita. Pengguna juga dapat mengirimkan foto dan video yang diambil dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, dengan gaya yang serupa dengan fitur BeReal.

Advertisement

Meskipun Cerita sekarang tersedia bagi semua pengguna, bukan hanya pengguna berbayar, Telegram masih menyajikan keunggulan untuk pengguna Premium dalam hal fitur Cerita. Pengguna Premium dapat menggunakan Mode Siluman yang menghapus catatan tampilan mereka dari Cerita yang mereka lihat dalam lima menit terakhir, dan menyembunyikan tampilan mereka selama 25 menit berikutnya.

CEO Telegram, Pavel Durov, telah mengungkapkan bahwa permintaan pengguna untuk fitur Cerita telah ada selama bertahun-tahun. Meskipun awalnya perusahaan ragu untuk menambahkan fitur ini karena sudah ada di berbagai platform, namun akhirnya Telegram memutuskan untuk mendengarkan keinginan pengguna dan meluncurkan fitur Cerita yang unik ini.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait