TikTok Indonesia Luncurkan Kampanye #SalingJaga untuk Cegah Hoaks Pemilu 2024

TikTok Indonesia baru-baru ini mengumumkan kampanye #SalingJaga, sebuah inisiatif untuk mencegah penyebaran konten hoaks selama Pemilu 2024 dan Pilpres 2024

Zonamalang.com – TikTok Indonesia baru-baru ini mengumumkan kampanye #SalingJaga, sebuah inisiatif untuk mencegah penyebaran konten hoaks selama Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

Kampanye ini bertujuan membantu masyarakat dalam menghadapi dan melawan misinformasi di ranah digital.

Faris Mufid, Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, menyatakan bahwa arus informasi yang deras di platform digital dan media sosial dapat membuat warganet kewalahan.

Advertisement

Oleh karena itu, TikTok ingin membantu masyarakat agar tidak hanya bersiap menghadapi, tetapi juga memahami cara melawan misinformasi.

Sistem rekomendasi di laman “For You” pada TikTok mempertimbangkan preferensi pengguna berdasarkan interaksi, informasi dalam video, serta pengaturan perangkat dan akun.

Melalui video #SalingJaga, TikTok mengingatkan pengguna bahwa mereka dapat mengambil kendali atas pengalaman mereka di platform ini, termasuk konten yang mereka konsumsi.

Beberapa fitur keamanan yang dapat digunakan pengguna untuk menangkal hoaks di Fyp TikTok antara lain:

Advertisement
  1. Memilih opsi ‘Tidak Tertarik’ (Not Interested)
  2. Menyaring ‘Kata Kunci’ (Keyword Filter)
  3. Melaporkan konten yang terduga mengandung misinformasi lewat fitur ‘Laporkan’ (Report)
  4. Menyegarkan kembali laman “For You” (Refresh Your For You Feed)

Faris Mufid menekankan bahwa keamanan digital merupakan tanggung jawab bersama, dan dengan #SalingJaga, diharapkan dapat terhindar dari konten negatif dan informasi yang keliru.

Sebelumnya, TikTok telah meluncurkan berbagai upaya proaktif untuk menjaga integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi, termasuk kerja sama dengan Rekata Studio dalam film “Budi Pekerti” dan peluncuran “Pusat Panduan Pemilu 2024” yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI.

TikTok juga bekerja sama dengan mitra cek fakta independen dan menghadirkan aktivitas di dalam aplikasi seperti tantangan tagar (#hashtag challenge) untuk berbagi cara #SalingJaga versi pengguna.***

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait