TikTok Shop Resmi Ditutup Sore Ini, Siap-siap Cari Alternatif E-commerce Lain?

Zonamalang.com – Jakarta, 4 Oktober 2023 – TikTok Shop, tempat berbelanja dan berjualan yang menjadi favorit para pengguna TikTok, akan resmi ditutup pada sore ini. Penutupan ini dilakukan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah terkait aplikasi tersebut.

Penutupan TikTok Shop dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu, 4 Oktober 2023, pukul 17.00 WIB. TikTok Indonesia telah mengumumkan larangan transaksi e-commerce mulai hari ini. TikTok menyatakan bahwa prioritas utamanya saat ini adalah menghormati dan mematuhi peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.

“Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober pukul 17.00 WIB. Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan,” demikian pernyataan resmi TikTok.

Advertisement

Langkah ini datang setelah pemerintah mengeluarkan peraturan yang melarang media sosial seperti TikTok melayani aktivitas jual beli seperti yang dilakukan oleh platform e-commerce. Peraturan ini ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada 26 September 2023.

Larangan berjualan di TikTok tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, yang merupakan revisi dari Permendag Nomor 50 Tahun 2020.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa sanksi akan diberikan pada TikTok jika masih melanggar aturan tersebut, meskipun TikTok telah menyatakan kesiapannya untuk mematuhi aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah juga memberikan izin kepada TikTok untuk beroperasi sebagai platform e-commerce, asalkan TikTok mengajukan izin penyelenggaraan terlebih dahulu dan tidak menggabungkan layanan e-commerce dengan platform video musiknya.

Advertisement

Dengan penutupan TikTok Shop, pengguna TikTok di Indonesia diharapkan untuk mencari alternatif lain dalam berbelanja dan berjualan secara daring.

Follow Zona Malang di Google News dan Channel WhatsApp, kemudian ikuti atau follow dengan klik ikon dan dapatkan notifikasi berita setiap saat.
Berita Terkait